FORWARD DAN OPTION

FORWARD DAN OPTION

Pasar Uang (Money Market)

Pasar uang dapat diartikan sebagai tempat bertemunya permintaan dan penawaran dana yang mempunyai jangka waktu jatuh tempo pendek, biasanya mempunyai jangka kurang dari satu tahun. Dalam pasar uang bertemu dua pihak yaitu pihak yang membutuhkan/kekurangan dana dan pihak yang kelebihan dana. Dalam pasar uang, kedua pihak tersebut akan menjadi :

· Peminjam Dana/Borrower yaitu pihak yang meminjam dana dari pasar uang. Dia merupakan pihak yang membutuhkan/kekurangan dana.

· Pemberi Dana/Lender yaitu pihak yang meminjamkan dananya. Dia merupakan pihak yang kelebihan dana.

Seperti dalam pasar valuta asing, maka dalam pasar uang juga mengenal yang disebut dengan :

· Asking Party/Asking Side atau Asking Bank adalah pihak yang aktif datang dan menanyakan harga.

· Quoting Party/Quoting Side atau Quoting Bank adalah pihak yang didatangi Asking Party.

Harga dalam pasr uang biasanya diberikan dalam bentuk suku bunga biasanya dalam bentuk persen (%) per tahun.

Dalam pasar uang menggunakan metode Bid-Offer Quotations/Two Way Market Price, dimana :

· Bid Rate adalah suku bunga yang sanggup di bayar oleh Quoting Party atau pasar atas dana yang dipinjamnya dari Asking Party.

· Offer Rate adalah suku bunga yang ditawarkan oleh Quoting Party atau pasar kepada Asking Party jika Asking Party mau meninjam dana dari Quoting Party. Dapat pula diartikan suku bunga yang harus diterima oleh Quoting Party atas dana yang dia pinjamkan kepada Asking Party.

Transaksi Forward

Transaksi valuta asing forward dapat diartikan sebagai transaksi valuta asing dimana value date (tanggal penyerahan valuta) berjarak lebih dari dua hari kerja dari deal datenya (tanggal kesepakatan transaksi) dengan kurs yang telah ditetapkan pada saat tanggal transaksi (deal date).

Transaksi forward merupakan transaksi yang dilakukan di luar bursa atau lebih dikenal dengan istilah Over The Counter (OTC) Market. Karean dilakukan diluar bursa maka features dari transaksi yang berlangsung adalah sepenuhnya kesepakatan pihak-pihak yang melakukan transaksi. Berbeda dengan transaksi yang dilakukan dibursa dimana produk yang diperdagangkan diatur sepenuhnya oleh bursa, maka transaksi over the counter mempunyai sifat sangat fleksibel. Features dari transaksi ini bisa diubah sesuai dengan kesepakatan pihak-pihak yang bertransaksi. Transaksi forward bisa dilakukan dimana saja, dengan demikian transaksi forward bersifat desentralisasi dan dapat dilakukan oleh siapa saja (asalkan tidak ada larangan dari otoritas setempat untuk melakukan transaksi tersebut).

Transaksi forward banyak digunakan untuk kegiatan Hedging atau lindungi nilai. Hedging sendiri merupakan kegiatan untuk melindungi kekayaan perusahaan dari gejolak harga yang terjadi di pasar.

Untuk memperjelas tujuan adanya transaksi forward ini maka kita lihat contoh di bawah ini :

Perusahaan A di Indonesia mempunyai kewajiban untuk membayar mesin yang diimpornya dari Amerika Serikat. Kewajiban membayar ini akan terjadi tiga bulan yang akan datang. Pembayaran pada masa tiga bulan mendatang kurs USD/IDR naik maka perusahaan A harus mengeluarkan dana Rupiah lebih banyak untuk membeli USD yang akan digunakan untuk membayar kewajibannya. Untuk menghindari hal ini maka perusahaan A dapat melakukan transaksi forward (dalam hal ini transaksi forward beli). Karena kurs dalam transaksi forward sudah ditetapkan pada tanggal transaksi (deal date) maka apabila terjadi kenaikan kurs USD/IDR di pasar valuta asing maka perusahaan A tidak terpengaruh oleh perubahan tersebut.

Pengertian Option

Option secara umum dapat diartikan sebagai suatu instrumen keuangan yang memberi pemegangnya hak untuk membeli atau menjual sesuatu yang diperjanjikan dalam jumlah tertentu pada satu waktu tertentu di masa yang akan datang dan atau sebelumnya dengan harga yang sudah ditentukan.

Dari pengertian umum mengenai option di atas dapat dilihat beberapa point penting yang menggambarkan transaksi option yaitu :

· Option memberi pemegangnya hak bukan kewajiban untuk membeli atau menjual sesuatu. Berbeda dengan jenis transaksi jual beli yang sudah dikenal selama ini yang mengikat masing-masing pihak dengan satu kewajiban untuk membayar atau memberikan satu barang tertentu yang diperjualbelikan maka option memmberi pemegangnya hak bukan kewajiban untuk menjual atau membeli satu barang yang diperjanjikan. Pemegang option tidak bisa dipaksa untuk membeli atau menjual satu barang yang diperjanjikan tersebut.

· Hak untuk menjual atau membeli suatu barang tersebut hanya bisa dilaksanakan kepada waktu tertentu di masa yang akan datang atau sebelumnya. Hal ini tergantung dari jenis option yang dipegang ada option yang mengatur bahwa hak untuk membeli atau menjual satu barang bisa dilaksanakan pada saat waktu tertentu di masa yang akan datang tidak dapat dilaksanakan sebelum waktu yang ditentukan tersebut, adapula jenis option yang hak untuk membeli atau menjualnya dapat dilaksanakan sebelumnya.

· Apabila pemegang option melaksanakan haknya untuk membeli atau menjual satu barang tertentu maka harga barang yang dibeli atau dijual tersebut sudah ditentukan sebelumnya (biasanya ditentukan pada saat transaksi option dilakukan) tidak peduli berapa harga pasar barang tersebut saat pelaksanaan hak. Jadi harga yang dipakai saat pelaksanaan hak sudah ditentukan sebelumnya dan bukan harga pasar barang tersebut saat itu.

Dalam pasar valuta asing transaksi option valuta asing dapat di artikan sebagai satu instrumen keuangan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli atau menjual satu mata uang tertentu dalam jumlah tertentu pada saat waktu tertentu dimasa yang akan datang dan atau sebelumnya dengan kurs yang sudah ditentukan sebelumnya (biasanya sudah ditentukan saat transaksi dilakukan).

Sejarah Option

Sejarah option di industri keuangan modern dimulai pada awal tahun 1900-an dimana sekelompok perusahaan mendirikan asosiasi bernama “The Put And Call Broker And Dealers Assosiation” berusaha menciptakan satu pasar untuk transaksi option. Jika ada pihak yang membutuhkan option maka asosiasi ini berusaha untuk mencari pihak yang mau menerbitkan option yang di inginkan dan apabila tidak ada yang mau menerbitkan maka asosiasi ini yang akan menerbitkan option yang dimaksud.

Pada tahun 1973 perkembangan option mengalami peningkatan yang cukup besar. Hal ini di karenakan bursa tertua dan terbesar di dunia untuk transaksi futures yaitu The Chicago Board of Trade membentuk satu bursa khusus yang memperdagangkan option. Saat itu option yang diperdagangkan adalah option untuk saham. Bursa tersebut dinamakan The Chicago Board Exchange (CBOE).

The Chicago Board Exchange (CBOE) kemudian menjadi salah satu pusat perdagangan option. The Chicago Board Exchange (CBOE) melakukan standarisasi semua kontrak option yang diperdagangkan dibursa tersebut. Untuk menjaga kredibilitas pihak yang melakukan transaksi maka bursa ini mendirikan Clearing House yang menjamin pembeli option bahwa penerbit option akan memenuhi kewajiban yang tertera pada kontrak option.

Sejak itulah transaksi option berkembang pesat. Beberapa bursa besar di dunia mulai memperdagangkan berbagai macam option sehingga produk option berkembang seperti sekarang ini.

Adapun Currency Option pertama kali diperdagangkan di Montreal Exchange (ME) pada bulan November 1982. Bursa tersebut memperdagangkan kontrak option untuk mata uang Dollar Kanada (CAD). Sukses perdagangan Currency Option yang terjadi di Montreal Exchange di ikuti oleh beberapa bursa terkemuka dunia lainnya seperti The European Option Exchange (EOE) yang memperkenalkan perdagangan kontrak option untuk mata uang Guilder Belanda (NLG) mengikuti sukses peluncuran Currency Option yang dilakukan oleh Monreal Exchange (ME)

Jenis-jenis Option

Terdapat beberapa kategori untuk membedakan jenis option yang ada saat ini. Apabila dilihat dari jenis hak yang dimiliki oleh pemegang option maka option dapat dibagi menjadi dua yaitu :

· Call Option yang memberikan hak membeli sesuatu kepada pemegangnya.

· Put Option yang memberikan hak menjual sesuatu kepada pemegangnya.

Apabila dilihat dari waktu untuk melaksanakan hak tersebut maka option pada dasarnya dibagi dua golongan besar yaitu :

· European Type Option yaitu option yang hanya dapat dilaksanakan pada satu tanggal yang sudah ditentukan. Tanggal tersebut biasa disebut Exercise Date.

· American Type Option yaitu option yang dapat dilaksanakan pada satu tanggal yang sudah ditentukan atau sebelumnya. Sehingga waktu pelaksanaan hak American Type Option adalah sejak tanggal kontrak option ditanda tangani sampai dengan Exercise Date.

Nilai Option

Option merupakan bagian dari satu instrumen keuangan yang disebut Derivatives. Dimana Derivatives itu sendiri dapat didefinisikan sebagai satu instrumen keuangan yang nilainya tergantung pada instrumen lain yang mendasarinya. Sebagai salah satu bagian dari instrumen Derivative maka nilai sebuah produk option bergantung dari nilai instrumen atau produk lain yang mendasari option tersebut. Misalnya option untuk suatu saham nilainya tergantung dari nilai saham tersebut, option untuk suatu currency tertentu maka nilai optiom tergantung pada nilai dari currency tersebut.

Nilai Option Pada Saat Jatuh Tempo

Dari pengertian diatas dapat kita lihat bahwa untuk melihat apakah satu option mempunyai nilai atau tidak pada tanggal jatuh temponya dapat kita lakukan dengan membandingkan antara kurs valuta asing dipasar valuta asing pada tanggal jatuh tempo tersebut dengan exercise price dalam kontral option tersebut. Dengan membandingkan kedua komponen tersebut akan dapat dilihat apakah lebih baik option tersebut di exercise atau tidak. Apabila lebih menguntungkan option tersebut di exercise daripada tidak maka option tersebut mempunyai sebuah nilai tertentu. Sebaliknya apabila dipandang lebih baik tidak melakukan exercise option maka option tersebut tidak bernilai atau nilainya nol.

Nilai Option Call Bagi Pembeli/Pemegang Option Call

Option call adalah hak untuk membeli. Dengan memegang atau membeli satu kontrak option maka seseorang mempunyai hak untuk membeli. Secara logika orang awam hak ini akan dipergunakan apabila di pandang menguntungkan. Apabila dengan mempergunakan hak untuk membeli tersebut seseorang dapat membeli sesuatu dengan harga yang lebih murah atau lebih rendah daripada dia tidak mempunyai hak tersebut.

Secara umum nilai option call bagi pemegangnya pada saat exercise date dengan asumsi bahwa tidak ada biaya apapun untuk mendapatkan option tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut :

· Option call mempunyai nilai pada saat exercise date apabila kurs pasar valuta asing saat itu lebih tinggi dari exercise price/strike price option tersebut.

· Nilai option pada saat tersebut adalah selisih antara kurs pasar valuta asing saat itu dengan exercise price.

· Apabila kurs valuta asing saat itu lebih rendah dari exercise price option tersebut maka option tersebut bernilai nol.

Nilai option call tersebut apabila dinyatakan dalam persamaan matematika adalah sebagai berikut :

Nilai option call bagi pemegangnya = Max (kurs pasar – exercise price, 0)

Yang artinya nilai maksimum dari kurs pasar dikurangi exercise price atau nol. Jika kurs pasar dikurangi exercise price lebih besar dari nol maka yang dipakai adalah kurs pasar dikurang exercise price. Jika kurs pasar dikurang exercise price lebih kecil dari nol maka yang dipakai adalah nilai nol. Nilai nol ini merupakan simbol bahwa option call tidak merugikan pemegangnya, apabila option tersebut didapat tanpa mengeluarkan biaya apapun (gratis) sehingga option tidak bisa bernilai negatif.

Nilai Option Call Bagi Penerbit/Penjual Option Call

Apabila satu pihak menerbitkan option call berarti dia telah memberikan satu hak pada pihak lain yang memegang option tersebut. Karena option yang diterbitkan adalah option call maka hak yang diberikan adalah hak untuk membeli sesuatu dengan harga yang telah ditetapkan pada saat yang sudah ditetapkan pula. Apabila saatnya tiba maka pemegang option call dapat melakukan exercise terhadap option call yang dimilikinya kepada penerbit option call tersebut. Di sisi lainn apabila saatnya tiba maka penerbit option call dapat di datangi oleh pemegang option call yang akan melakukan exercise terhadap option call yang dimilikinya kepda penerbit option call tersebut, sehingga pada saat exercise date terdapat kemungkinan bagi penerbit option call untuk mempunyai kewajiban menjual sesuatu kepada pemegang option call apabila pemegang option call tersebut melakukan exercise.

Nilai option call apabila dinyatakan dalam persamaan matematika adalah sebagai berikut :

Nilai option call bagi penerbitnya = - {Max (kurs pasar – exercise price, 0)}

Atau

Nilai option call bagi penerbitnya = Min (exercise price – kurs pasar, 0)

Yang artinya nilai minimum dario exercise price dikurangi kurs pasar atu nol. Jika exercise price dikurang kurs pasar lebih besar dari nol maka yang dipakai adalah nol karena pemegang option call tidak melakukan exercise terhadap option call yang dipegangnya sehingga tidak ada kerugian yang ditanggung oleh penerbit dan penerbit tidak memperoleh apapun karena di asumsikan bahwa penerbit dalam menerbitkan option call tidak memperoleh apapun. Jika exercise price dikurang kurs pasar lebih kecil dari nol maka yang dipakai adalah exercise price dikurangi kurs pasar yang tentu saja bernilai negatif. Nilai negatif tersebut ini merupakan simbol kerugian yang diderita penerbit option call karena exercise yang dilakukan oleh pemegang option call yang dia terbitkan.

Nilai Option Put Bagi Pembeli/Pemegang Option Put

Option put adalah hak untuk menjual. Dengan memegang atau membeli satu kontrak option maka seseorang mempunyai hak untuk menjual. Hak untuk menjual ini dipandang menguntungkan apabila dengan mempergunakan hak untuk menjual tersebut seseorang dapat menjual sesuatu dengan harga yang lebih mahal atau lebih tinggi daripada dia tidak mempunyai hak tersebut. Apabila ternyata tanpa option tersebut seseorang yang memegang option put dapat menjual sesuatu dengan lebih mahal dibandingkan apabila dia melakukan exercise terhadap option tersebut maka option tersebut tidak ada artinya atau tidak ada nilainya karena tanpa mempunyai option pun dia dapat menjual barang lebih mahal.

Nilai option put apabila dinyatakan dalam persamaan matematika adalah sebagai berikut :

Nilai option put bagi pemegang = Max (exercise price – kurs pasar, 0)

Yang artinya nilai maksimum dari exercise price dikurangi kurs pasar atau nol. Jika exercise price dikurangi kurs pasar lebih besar dari nol maka yang dipakai adalah exercise price dikurangi kurs pasar. Jika exercise price dikurangi kurs pasar lebih kecil dari nol maka yang dipakai adalah nol. Nilai nol ini merupakan simbol bahwa option put tidak merugikan pemegangnya apabila option tersebut di dapat tanpa mengeluarkan biaya apapun (gratis) sehingga option yidak bisa bernilai negatif.

Nilai Option Put Bagi Penerbit /Penjual Option Put

Apabila satu pihak menerbitkan option put berarti dia telah memberikan satu hak pada pihak lain yang memegang option tersebut. Karena option yang diterbitkan adalah option put maka hak yang diberikan adalah hak untuk menjual sesuatu dengan harga yang telah ditetapkan pada saat yang sudah ditetapkan pula. Apabila saatnya tiba maka pemegang option put dapat melakukan exercise terhadap option put yang dimilikinya kepada penerbit option put tersebut. Di sisi lain apabila saatnya tiba maka penerbit option put dapat di datangi oleh pemegang option put yang akan melakukan exercise terhadap option put yang dimilikinya kepada penerbit option put tersebut, sehingga pada saat exercise date terdapat kemungkinan bagi penerbit option put untuk mempunyai kewajiban membeli sesuatu dari pemegang option put apabila pemegang option put tersebut melakukan exercise.

Nilai option put apabila dinyatakan dalam persamaan matematika adalah sebagai berikut :

Nilai option put bagi penerbitnya = - {Max (exercise price – kurs pasar, 0)}

Atau

Nilai option put bagi penerbitnya = Min (kurs pasar - exercise price, 0)

Yang artinya nilai minimum dari kurs pasar dikurangi exercise price atu nol. Jika kurs pasar dikurang exercise price lebih besar dari nol maka yang dipakai adalah nol karena pemegang option put tidak melakukan exercise terhadap option put yang dipegangnya sehingga tidak ada kerugian yang ditanggung oleh penerbit dan penerbit tidak memperoleh apapun karena di asumsikan bahwa penerbit dalam menerbitkan option put tidak memperoleh apapun. Jika kurs pasar dikurang exercise price lebih kecil dari nol maka yang dipakai adalah kurs pasar dikurangi exercise price yang tentu saja bernilai negatif. Nilai negatif tersebut ini merupakan simbol kerugian yang diderita penerbit option put karena exercise yang dilakukan oleh pemegang option put yang dia terbitkan.



Labels : wallpapers Mobile Games car body design free investmentsystems
Category:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new